Halaman

"life is always being a story..."

"yesterday, today and tomorrow..."

Jumat, 26 Juli 2013

Perbedaan Menstruasi dan PMS (Premenstrual Syndrom)

Akhir-akhir ini, gue ngeliat banyak yang salah kaprah sama kedua istilah ini. Banyak yang menganggap kalo menstruasi dan PMS itu adalah hal yang sama. Gue sering banget denger, "Gue gak solat nih, lagi PMS." atau hal-hal lain yang menyatakan bahwa PMS itu sama dengan menstruasi. Padahal sebenernya nih, menstruasi sama PMS itu beda girls. Nah, gue akan coba jelasin disini.

1. MENSTRUASI


Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari.

Gejala menstruasi dapat dirasakan pada Fisik, Emosional dan Mental.Ada beberapa gejala menstruasi yang berbeda yang dapat dikaitkan dengan siklus menstruasi.

1.  Gejala Fisik Paling Umum Pada Periode menstruasi:
-Nyeri di payudara
-Merasa kembung
-Sakit kepala atau ketegangan di kepala
-Pembengkakan di ekstremitas – lengan, kaki dan jari-jari
-Kram di paha, perut, dan punggung

2. Gejala Emosional Paling Umum Pada Periode menstruasi:
Beberapa gejala emosional yang berbeda yang umumnya terkait dengan siklus menstruasi Anda meliputi:
-Mood naik turun
-Menarik diri dari kegiatan sosial dan pertemuan
-Kebingungan dan kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus
-Kecemasan atau perasaan gugup
-Lekas marah atau kehilangan minat pada hal favorit
-Kemarahan atau kecenderungan meningkat untuk berdebat / berkelahi
-Perasaan depresi

 (sumber: http://menstruasi.com/node/20, http://bukanrahasialagi.com/tanda-dan-gejala-awal-menstruasi-atau-haid.html,  wikipedia)


2. PMS (Premenstrual Syndrom)

Sindrom Pre Menstruasi adalah sejumlah perubahan mental maupun fisik yang terjadi antara hari ke-2 sampai hari ke-14 sebelum menstruasi dan mereda segera setelah menstruasi berawal.
Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik & mental, dialami 7-10 hari menjelang menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Keluhan yang dialami bisa bervariasi dari bulan ke bulan, bisa menjadi lebih ringan ataupun lebih berat dan berupa gangguan mental (mudah tersinggung, sensitif) maupun gangguan fisik. Diperkirakan kurang lebih 85% wanita usia produktif antara usia 25-35 tahun mengalami satu atau lebih gejala dari PMS.

Kemudian gejala gejala yang paling jelas dirasakan (pada umumnya) sebagai berikut :
Gelaja Fisik
-Kelemahan umum (lekas letih, pegal, linu)
-Acne (jerawat)
-Nyeri pada kepala, punggung, perut bagian bawah
-Nyeri pada payudara
-Gangguan saluran cerna misalnya rasa penuh/kembung, konstipasi, diare-Perubahan nafsu makan, sering merasa lapar (food cravings)
Gejala Mental
-Mood menjadi labil (mood swings), iritabilitas (mudah tersinggung), depresi, ansietas
-Gangguan konsentrasi
-Insomnia (sulit tidur) 
-Kalo gue sih biasanya jadi ngidam, pengen makan sesuatu gitu.
Gejala fisik dan mental yang terjadi pada PMS bervariasi dari ringan maupun berat. Penyebab PMS diduga melibatkan faktor hormonal, metabolisme serta akibat pola hidup yang tidak sehat terutama faktor nutrisi.

(sumber: http://sweetrabbit.wordpress.com/2008/05/23/pms-pre-menstrual-syndrome/, http://www.lusa.web.id/premenstrual-syndrome-pms-part-1/)


Nah, sekarang udah tau kan pengertian masing-masing dari menstruasi dan PMS? Jadi, menstruasi dan PMS itu pada hakikatnya emang beda, meskipun gejala-gejala yang timbul sebenernya hampir sama. Cuma perlu digarisbawahin PMS itu terjadi 7-10 hari sebelum menstruasi. Makanya disebut premenstrual. Jadi PMS itu bukan menstruasi ya, girls.




2 komentar:

  1. Haid anda tidak lancar dan takut periksa ke dokter?
    Obat Pelancar Haid Herbal yang aman dikonsumsi dan sudah melewati uji BPOM, sangat manjur dan terjamin kualitasnya,

    Kunjungi website kami di : http://www.jualobatpelancarhaidherbal.com/

    BalasHapus
  2. Makasih banyak min infonya =D

    BalasHapus