Halaman

"life is always being a story..."

"yesterday, today and tomorrow..."

Selasa, 14 Januari 2014

Klasifikasi Temen

Di jaman yang ga jelas kayak gini, punya temen banyak itu seperti keharusan dalam hidup. Gak semua orang yang kita temenin itu punya fungsi yang sama dalam pergaulan. Si A klik sama kita di ini, si B lebih enak kalo gini. Nah, di bawah ini ada beberapa klasifikasi temen berdasarkan interaksi:

1. Temen Curhat
Temen curhat adalah temen yang biasa kita jadiin tempat curhat. Tipe temen yang kayagini biasanya punya karakter yang wise dan sabar dalam mendengarkan curhatan kita. Temen curhat juga terbagi dua:
a. Temen curhat murni, yaitu temen curhat yang mau dengerin curhatan kita tanpa ada maksud lain.
b. Temen curhat-mutualisme, yaitu temen yang mau dengerin curhatan kita karena ada maksud lain misalnya biar dapet info, biar bisa curhat balik, atau pengen jadi lebih dari sekedar temen, dll.

2. Temen penghibur
Tipe temen yang ini adalah temen-temen yang selalu bikin suasana jadi fun ketika kalian bareng-bareng sama mereka. Temen yang kayak gini biasanya selalu bisa balikin mood dengan joke atau sekedar obrolan kecil yang bisa bikin ketawa.

3. Temen ngegila
Sering disebut partner in crime, adalah temen yang selalu bisa kalian ajak untuk berbuat hal-hal gila yang kadang gak penting. Temen ngegila biasanya diisi oleh temen-temen deket yang udah kenal lama sama kalian, meskipun kadang orang yang baru dikenal juga bisa langsung jadi temen ngegila. Tipe sanguinis biasanya mendominasi tipe temen ini.

4. Temen tapi mesra
Tipe temen yang bisa multifungsi sebagai pacar, tapi tetap dengan status temen. Temen tapi mesra alias TTM biasanya terjadi kalo dua temen yang saling suka ga bisa melaju ke jenjang pacaran, entah itu karena salah satu/keduanya udah punya pacar atau karena ketidakinginan salah satu/kedua pihak dalam merusak pertemanan. TTM kadang bisa menjurus ke sakit hati saat salah satu pihak lebih ngarep dari pihak yang lain. Hati-hati.

5. Temen belajar
Tipe temen yang cuma didatengin ketika mau ujian atau ngerjain tugas. Tipe temen yang ini emang kasian, kalo seneng biasanya ga terlalu diinget giliran ada tugas/ujian dihubungin terus.

6. Temen ngobrol
Tipe temen yang selalu bisa diajak ngobrol ketika ketemu. Mulai dari ngobrolin gosip murahan, ngobrolin diskon, ngobrolin hal-hal yang udah berlalu, sampe ngobrolin kucing tetangga sebelah yang hamil di luar nikah. Bisa punya temen ngobrol yang nyambung banget itu gak mudah. Makanya ketika lo dapet temen yang klik banget dalam ngobrolin apa aja, pertahankan dia. Karena ga semua orang bisa nganggep apa yang kita omongin itu seru.

7. Temen diskusi
Temen diskusi beda arti sama temen ngobrol, walaupun mirip-mirip. Bedanya, temen diskusi bisa ngasih kita wawasan dan ngebuka otak buat berfikir ketika berinteraksi dengan mereka. Beda sama temen ngobrol yang cuma ngobrolin hal-hal ringan, temen diskusi biasanya lebih mempengaruhi kita dalam interaksi, atau juga bisa terpengaruh sama kita. Temen diskusi biasanya punya pendapat-pendapat yang beda dari pendapat kita. Punya temen diskusi itu wajib karena bisa belajar memahami sudut pandang orang lain. Supaya pikiran kita lebih luas dan ga stuck di satu sudut pandang.

Oke itu beberapa klasifikasi temen berdasarkan interaksi yang dilakukan. Satu orang gak harus jadi satu tipe temen, kadang seseorang bisa mencakup beberapa tipe. Sebenernya masih banyak tipe temen lain, tapi kepanjangan kalo ditulis disini. Kalo mau nambahin, silahkan di kolom komentar. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar